Media Filatelis

Berbincang tentang filateli

Koleksi Mahal

Salah satu kunci memenangkan lomba filateli adalah adanya “barang langka” di dalam koleksi Anda. Barang langka ini bisa berupa barang yang memang sangat mahal harganya, atau memang barang yang tidak mudah dijumpai di bursa atau pasar koleksi. Untuk barang yang tidak mudah dijumpai di pasar misalnya adalah ada surat (misalnya SHP atau sampul peringatan yang dibubuhi tandatangan asli mantan Presiden, atau surat dari Direktur Penjara Alcatraz ke nama dan alamat Anda, atau surat dari Vatikan, atau surat sejenis lah). Surat ini sebenarnya tidak begitu mahal membuatnya, karena Anda tinggal mengirim surat ke mereka, lalu tunggu balasannya. Atau pas ada kesempatan bagus, Anda bertemu dengan tokoh, minta tanda tangan beliau di salah satu benda koleksi Anda (biasanya sampul/amplop atau kartupos).

Amplop berharga mahal

Bila Anda ingin memiliki benda-benda koleksi yang mahal, sudah barang tentu Anda harus siapkan uangnya. Tetapi, mahal itu berapa sih? Oke, salah satu contohnya adalah, kunjungi saja salah satu situs yang menawarkan “barang-barang langka”, yaitu pada link di bawah artikel ini. Di situs ini tersedia berbagai benda koleksi, mulai dari prangko kuno, amplop dari jaman susah (misalnya dari Perang Dunia I dan II, termasuk dari dalam penjara).

Berapa harganya? Ada beberapa benda koleksi (sekitar sepuluh amplop) yang ingin saya masukkan ke dalam koleksi saya, karena temanya sesuai. Namun setelah saya lihat harga penawarannya, yaitu AUS $10.000, atau sekitar Rp85.000.000 (dengan kurs Rp8.500), saya jadi berfikir ulang. Ada yang mencoba menawar AUS $7.500, belum dikasihkan juga.

Oh, jadi ternyata, di sinilah rahasianya bahwa hobi filateli bisa mendatangkan uang, yaitu kalau kita bisa menjual mahal sebagian benda koleksi kita. Namun kalau kita sebagai pembeli ya… habis lah uang kita.

Nah, kalau Anda memang masih berniat untuk memenangkan lomba filateli, carilah barang-barang langka seperti ini. Namun, tetap saja belum tentu menang, karena koleksi pesaing Anda …mungkin jauh lebih mahal dibanding koleksi Anda!

Kunjungi: http://www.philatelybooks.com/cat_theme.php

22/03/2008 - Posted by | Koleksi, Prangko | , , ,

1 Komentar »

  1. Saya mau tanya tmpt yg dapat d kunjungi utk para filateli d jakarta d mana?

    Komentar oleh AG | 13/12/2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s