Media Filatelis

Berbincang tentang filateli

Gita Noviandi

Kita punya tamu, yaitu Bapak Gita Noviandi. Untuk membaca “sepak terjang” beliau di bidang filateli, silakan klik saja halaman Sosok. Selain itu, beliau juga punya ajakan buat kita semua yang “mengaku” sebagai filatelis, untuk menjadi “beberapa orang” sekaligus. Berikut ini tips yang disampaikan beliau.

Mari mulai sekarang kita menjadi seorang kolektor, seorang organisator, seorang exhibitor, dan seorang investor.

Sebagai seorang kolektor, kita hanya murni mengumpulkan benda filateli, sehingga kalau kita hitung 99% nilai hobi dan 1% nilai investasinya, jangan dulu berharap mendapatkan nilai lebih dari benda yang kita kumpulkan. Biasanya pada sisi ini, kita hanya mencari nilai kesenangan atau kepuasan saja!

Sebagai seorang organisator, sambil mengumpulkan benda filateli yang kita senangi, mari tambah ilmu melalui organisasi filateli, sehingga kita tahu cara mengoleksi prangko yang baik dan benar, mencari literatur filateli yang mendukung hobi kita sehingga koleksi kita dapat diarahkan untuk dipamerkan atau dipertandingkan, baik tingkat nasional maupun internasional.

Setelah itu, barulah kita bisa menjadi seorang exhibitor, yaitu orang yang memiliki koleksi sesuai dengan aturan kelas filateli yang diakui oleh FIP/FIAP, sehingga kita bisa melihat kemampuan kita bertanding di tingkat internasional.
 
Terakhir, jadilah seorang investor. Bagian ini, ada orang yang senang atau berbakat, ada juga yang tidak, dikembalikan kepada masing-masing orangnya. Saya melihat karakter ini justru akan timbul dengan sendirinya setelah jam terbang kita cukup tinggi. Saya juga bisa sampai ke bagian ini kurang lebih setelah 10 tahun lamanya berkecimpung di dunia filateli. Selain sabar, juga memang dibutuhkan keberanian untuk melangkah dan tidak malu bergaul dan bertanya kepada teman-teman lain yang sudah lebih tahu dan lebih berpengalaman.

Nah, Anda berani menerima ajakan Pak Gita?

23/03/2008 - Posted by | Sosok | , , ,

1 Komentar »

  1. Saya berminat sekali..tapi saya tidak tau harus kemana dan di apakan benda filateli yg saya miliki.

    Komentar oleh ladynoname | 04/04/2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s