Media Filatelis

Berbincang tentang filateli

Prangko Cetak Sendiri

Prangko semakin luas saja pengertiannya. Kalau dulu prangko adalah selembar kertas mungil, bergambar cantik, kini Anda harus segera mengubah pemahaman Anda itu.

Prangko kertas dinilai orang tidak praktis, karena untuk membelinya, harus ke kantor pos (atau alternatifnya), lalu dilekatkan ke amplop atau kartupos, lalu diposkan. Anda harus pergi dari rumah ke kantor pos, belum lagi harus jam kerja (mending juga sih beberapa kantor pos sekarang buka di hari libur) dan menghabiskan bahan bakar kendaraan Anda.

//www.stamps.com

Untuk mengatasi hal ini, dinas pos Amerika dan Inggris telah menawarkan suatu solusi baru, yaitu prangko yang bisa dicetak sendiri oleh pembelinya! Kita lihat dulu yang versi Amerika. Kita tinggal “beli software”-nya di kantor pos seharga USD $15.99 (seharga kira-kira 20 prangko pengiriman lokal). Setelah diinstal di komputer Anda, Anda bisa memakai program ini untuk mencetak prangko, lalu menempelnya ke amplop Anda (bisa juga sih Anda cetak di amplop langsung). Komputer Anda harus terhubung ke Internet, agar tersambung langsung ke sistem kantor pos. Oh ya, Anda juga akan mendapat timbangan surat gratis, untuk menimbang surat yang akan Anda kirim dan menginput bobot amplop ke program, sehingga akan dihitung tarif yang benar. Saldo Anda berkurang sesuai dengan jumlah prangko yang Anda cetak.

Setelah itu, Anda tinggal memasukkannya ke bis surat terdekat dan surat akan terkirim. Bila saldo Anda habis, maka Anda harus mengisinya kembali, sudah barang tentu bisa melalui kartu kredit, cek, atau setoran ke kantor pos.

//www.royalmail.com'

Contoh prangko cetakan sendiri

Kalau versi Dinas Pos Inggris sedikit berbeda, karena kita harus membeli softwarenya seharga GBP 49,99 lalu per bulan Anda harus berlangganan sebesar GBP15. Bedanya memang ada biaya tahunan untuk sistem Inggris.

Banyak keuntungan dari sistem pos pribadi ini, yaitu: kita tidak perlu ke kantor pos, bisa mengubah atau membuat tambahan disain di prangko, bisa memberi gambar tambahan (misalnya: logo perusahaan, kata “rahasia”, “barang cetakan”, dsb), dan tidak perlu membayar berlebih (misalnya harus membayar $1.75 tidak harus membeli dua prangko @ $1 jadi $2).

Nah, prangko konvensional mendapat saingan berat lagi😦

24/03/2008 - Posted by | Pos, Prangko | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s