Media Filatelis

Berbincang tentang filateli

Formulir Jakarta 2008

Redaksi sudah mendapatkan formulir pendaftaran Jakarta 2008. Terima kasih kepada rekan Tono Dwi Putranto yang telah mengirimkannya ke alamat Redaksi. Formulir ini terdiri atas empat lembar, yaitu warna putih, biru muda, biru tua (untuk komisioner), dan warna kuning (untuk peserta). Kertasnya bersifat carbonless (sekali tulis, tembus ke semua halaman). Oleh karenanya, Anda tidak bisa menggunakan formulir yang ditampilkan di sini. Formulir yang di sini hanya untuk informasi Anda saja.

Form Jakarta 2008 

Cetakan tanggal berantakanAda tiga hal yang aneh dengan formulir tersebut. Pertama, tanggal pameran dicetak tindih tiga kali (ditambah cetakan aslinya, menjadi empat kali cetakan), sehingga terlihat berantakan. Kalau dicermati, agaknya pernah terjadi salah cetak. Cetakan awal bertuliskan August 23-28, 2008 lalu ditimpa dengan cetakan October 23-28, 2008 sebanyak tiga kali, namun tidak pas (miring), sehingga hasilnya justru terlihat sangat tidak rapi.

j2008-email.jpg

Kedua, alamat e-mail panitia yang tertera pada formulir tersebut adalah jakarta 2008@posindonesia.co.id (ada spasi setelah kata ‘jakarta’). Padahal kita tahu bahwa alamat e-mail tidak bisa mengandung spasi. Redaksi belum mencoba mengirim e-mail dengan alamat tersebut, karena yakin pasti keliru.

Ketiga, alamat situs panitia juga mengandung spasi, yaitu ditulis http://www.posindonesia.co.id/jakarta 2008. Kita juga tahu bahwa alamat situs di Internet tidak boleh mengandung spasi. Redaksi mencoba mengunjungi alamat situs tersebut tanpa menuliskan spasi, ternyata alamat tersebut tidak ada. Redaksi juga mengubah spasi dengan tanda garis bawah (menjadi jakarta_2008) namun juga tidak berhasil.

Di formulir tersebut juga tercantum bahwa pendaftaran harus dilakukan selambat-lambatnya 5 Maret 2008. Berarti, mestinya formulir tersebut telah beredar secara luas di kalangan filatelis jauh sebelum bulan Maret 2008. Kalau banyak filatelis di dalam negeri belum menerima formulir tersebut, apakah formulir tersebut hanya ditujukan kepada filatelis di luar negeri? Namun tidak ada “tanda-tanda” bahwa formulir ini khusus untuk filatelis di luar negeri (kecuali bahasanya yang menggunakan bahasa Inggris).

Kalau pun toh Panitia sudah menyebarkan formulir ini ke luar (dan di dalam?) negeri, mestinya juga didukung dengan informasi melalui website. Namun di situs Pos Indonesia juga tidak ditemukan informasi mengenai Jakarta 2008. Paling tidak, Redaksi sudah mencoba mencari melalui fasilitas peta situs, tidak terdapat kata Jakarta 2008 (atau yang berkaitan dengan itu, misalnya Pameran, JIEC, dan sebagainya).

Contoh Koleksi

Meskipun tidak berkaitan langsung dengan Jakarta 2008, Redaksi ingin menyampaikan informasi mengenai contoh koleksi filateli yang baru saja dimuat di blog ini. Anda yang mau menata koleksi untuk ikut serta di pameran itu, coba perhatikan contoh-contoh yang ada di halaman Koleksi, karena Redaksi sudah menerima kiriman koleksi rekan Gita Noviandi berjudul The Scout Movement. Silakan mempelajarinya.

01/04/2008 - Posted by | Informasi, Pameran | , , , ,

2 Komentar »

  1. kepengen banget ikutan tapi gimana caranya ya….???

    Komentar oleh faras | 24/02/2009 | Balas

  2. Formulir ini untuk peserta pameran internasional Jakarta 2008, dan untuk peserta luar negeri sudah dikirim ke masing masing national commitioner yang nanti akan mengkoordinir dan bertanggungjawab atas koleksi setiap negaranya masing masing. Untuk peserta dari Indonesia memang ada sedikit kemudahan untuk mendaftar. Berdasarkan info yang saya terima, dari sekitar lebih dari 1.000 frame yang akan disiapkan, diharapkan peserta dari Indonesia minimal akan mendapat jatah 200 frame. Kalo 1 judul koleksi 5 frame, berarti akan tersedia untuk 40 judul koleksi dari Indonesia. Bagi calon peserta yang belum pernah ikut pameran tingkat internasional, ini kesempatan untuk mencoba, Kesempatan untuk dapat lolos lebih besar, karena kalau untuk pameran yang diselenggarakan di luar negeri, biasanya Indonesia hanya mampu mengirim sekitar 10 judul koleksi saja. Kebetulan sekarang pameran akan diadakan di Jakarta, bagi calon peserta yang tidak lolos seleksi untuk pameran Internasional ini, sudah pasti akan dapat ikut di panfila yang diselenggarakan di waktu dan tempat yang sama. Ayo kirimkan koleksi sebanyak banyaknya……Tunjukkan bahwa filateli di Indonesia sudah bangkit kembali……

    Komentar oleh Tono | 10/04/2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s