Media Filatelis

Berbincang tentang filateli

Jakarta International Philatelic Expo 2009

Mall of Indonesia, Kelapa Gading, 28 Oktober s.d. 1 Nopember 2009

Jipex 2009

Jipex 2009

(Kiriman: Lisa Mulyana) Jakarta International Philatelic Expo 2009 adalah sebuah event pameran filateli tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Pengurus Pusat Perkumpulan Filatelis Indonesia (PP PFI). Kegiatan ini akan menjadi ajang tertinggi untuk mengukur prestasi filatelis Indonesia agar dapat mengikuti ajang serupa di tingkat regional Asia Pasifik, maupun tingkat dunia, sekaligus dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi pariwisata Jakarta melalui pameran prangko.

Latar Belakang

Jakarta adalah salah satu kota yang banyak terkait dengan berbagai tema penerbitan prangko. Banyak artefak kebudayaan di Jakarta yang telah dicetak ke dalam prangko, namun tidak diketahui secara luas oleh masyarakat. Dengan banyaknya tema penerbitan prangko, dipastikan eksplorasi atas koleksi prangko dalam pameran menjadi menarik dan beragam. Hal ini dapat menjadikan daya tarik  kunjungan wisata jika dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

Tahun 2008, Jakarta telah menjadi tuan rumah penyelengaraan Pameran Filateli Asia Pasifik. Pameran ini sukses diikuti oleh peserta yang berasal dari 25 negara Asia Pasifik dan Afrika dengan total 1.000 panel. Jakarta  International Philatelic Expo2009 bukan dimaksudkan untuk mengulang sukses penyelenggaraan Jakarta 2008, namun dimaksudkan sebagai program lanjutan dalam pembinaan filateli dan upaya menyiapkan Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggaraan JAKARTA 2012, yakni event pameran filateli tingkat dunia.

Jakarta International Philatelic Expo 2009 adalah sebuah event pameran filateli tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Pengurus Pusat Perkumpulan Filatelis Indonesia (PP PFI). Kegiatan ini akan menjadi ajang tertinggi untuk mengukur prestasi filatelis Indonesia agar dapat mengikuti ajang serupa di tingkat regional Asia Pasifik, maupun tingkat dunia, sekaligus dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi pariwisata Jakarta melalui pameran prangko.

Mempromosikan Jakarta melalui Pameran Prangko

Pameran prangko sangatlah menarik untuk dijadikan sebagai salah satu pilihan media promosi  pariwisata dan budaya Indonesia. Dalam pemanfaatannya, prangko tidaklah digunakan secara sendirian (tunggal), namun dapat dikombinasikan dengan media lainnya, misalnya kartupos, sampul peringatan, prangko PRISMA, souvenir, dan lain-lain.

Pameran prangko/filateli umumnya diikuti oleh para kolektor prangko/filatelis, sekolah-sekolah melalui klub filatelinya serta masyarakat umum. Peserta pameran dapat berasal baik dari dalam maupun luar negeri. Berkumpulnya para filatelis dalam sebuah event pameran, yang bila dikemas secara apik, serta dikomunikasikan kepada masyarakat luas secara intens, akan dapat menjadi ajang promosi yang efektif. Dengan kata lain, pameran prangko/filateli dapat digunakan sebagai pilihan event tetap promosi budaya dan pariwisata Jakarta.

Maksud dan Tujuan

Kegiatan penyelenggaraan JAKARTA  INTERNATIONAL PHILATELIC EXPO 2009 mempunyai maksud dan tujuan sebagai berikut:

A. Maksud

  • Sebagai media promosi kota Jakarta dan menjadikan salah satu unsur daya tarik dan potensi pariwisata.
  • Menjadikan Jakarta sebagai sumber barometer perkembangan filateli di   Indonesia dan meningkatkan nilai (value) prangko sebagai komoditi bisnis yang menjanjikan.
  • Memperoleh koleksi filateli berkualitas guna mengikuti ajang serupa baik lokal maupun international.

B. Tujuan

  • Promosi Jakarta melalui event Jakarta International Philatelic Expo.
  • Terangkatnya potensi pariwisata di Jakarta melalui obyek wisata yang sudah “diprangkokan“ melalui materi pameran koleksi tematik kota Jakarta.
  • Lebih meningkatkan kualitas prangko melalui terciptanya kerjasama antar filatelis dan pelaku bisnis filateli.

Pameran Prangko: Menampilkan koleksi prangko sebanyak ± 100 panel (dalam dan luar negeri).

Peserta Pameran: Klub filatelis di Jakarta, klub filatelis seluruh Indonesia, Perkumpulan Filatelis, Filatelis Asia Tenggara, 30 Stamp Dealer dalam dan luar negeri, Stand Pos Indonesia, Peruri, Kedubes Singapura, Bird Life, dan lain-lain.

20/10/2009 - Posted by | Filateli, Pameran | , ,

2 Komentar »

  1. sebelumnya terima kasih kepada orang yang sering mengadakan pameran filateli

    kami disini punya banyak kumpulan prangko diantaranya prangko tahun 1975 sapai 2001 kemungkinan kami mengharpkan jika ada yang kepingin meliat koleksi prangko kami coba kalau anda ke jogja silahkan hubungi kami

    alamat Dusun Sedan Rt 05 Rw 34 no 78,sariharjo ngaglik sleman Yoyakarta

    mudah2an ditahun depan kami diberi tau tentang pameran supaya prangko kami dapat diperlihatkan oleh kalayak ramai siapa tau ada yang berminat

    Terima kasih sebelumnya

    no hp 081804255975

    Komentar oleh endri | 30/12/2009 | Balas

  2. saya adalah kolektor perangko Indonesia dan Dunia dengan koleksi lengkap tapi karena kesibukan saya , jadinya saya lupa untuk mengikuti pameran. semoga di Pameran berikutnya saya bisa dihubungi oleh pihak panitia penyelenggara pameran, adapun no HP saya sbb : 021-96870439 – 081546111781

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    f i n a

    Komentar oleh fina | 02/11/2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s