Media Filatelis

Berbincang tentang filateli

PFI

Hari Filateli Indonesia 

(Sumber: http://blake.prohosting.com/prangko/latar_pfi.htm)

Penertiban prangko pertama di dunia dalam tahun 1840 yang terjadi di Inggris, adalah suatu peristiwa yang membuka lembaran baru dalam bidang pelayanan pos, dan telah memberikan sumbangan yang tidak kecil artinya bagi umat manusia di seluruh dunia. Peristiwa yang kemudian diikuti oleh negara-negara lainnya, telah memberikan peluang timbulnya suatu kegemaran mengumpulkan sekeping kertas unik ini, tidak terkecuali di Indonesia.Unifikasi dari pengumpul prangko melahirkan perkumpulan-perkumpulan filateli di seluruh dunia dengan niat utama untuk mendalami segala sesuatu yang berhubungan dengan penerbitan prangko dan benda pos lainnya. Di Indonesia terbentuk Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI), yang awalnya dikenal sebagai Postzegelverzamelaars Club Batavia.Perkumpulan ini mendapat pengakuan dari penguasa setempat pada tanggal 29 Maret 1922. Aspirasi lokal di berbagai tempat di Indonesia itu, kemudian dihimpun dalam suatu wadah menjadi gerakan terorganisasi secara nasional. Serta diwujudkan lewat pembentukan Nederlandsch Indische Vereeniging van Postzegel Verzamelaars pada tanggal 15 Agustus 1940 sebagai lanjutan Postzegelverzamelaars Club Batavia dan berkedudukan di Jakarta.Setelah Proklamasi Kemerdekaan RI, nama perkumpulan diubah menjadi Algemene Vereeniging voor Philatelisten in Indonesia dan kemudian pada tahun 1953 menjadi Perkumpulan Umum Philateli Indonesia. Selanjutnya pada tahun 1965 menjadi Perkumpulan Philatelis Indonesia dan akhirnya dalam tahun 1985 menjadi Perkumpulan Filatelis Indonesia.Untuk dapat mengikuti perkembangan-perkembangan filateli di dunia internasional, maka pada tahun 1969 Indonesia menjadi anggota Federation Internationale de Philatelie (FIP) yang berkedudukan di Swiss. Selanjutnya pada tahun 1974 bersama-sama anggota FIP lainnya di wilayah Asia, mendirikan sebuah federasi filateli regional dengan nama Federation of Inter-Asian Philately (FIAP) yang berkedudukan di Singapura, yang anggota-anggotanya mencakup Asia dan Pasifik.

Perkumpulan Filatelis Indonesia sejak mula lahirnya bukanlah merupakan organisasi politik, melainkan suatu organisasi hobi yang bersifat nasional, tidak mencari keuntungan dan terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia pria dan wanita, tua maupun muda, tanpa membeda-bedakan status sosial, tingkat kehidupan, kedudukan/jabatan maupun agama. Organisasi ini bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan filateli dalam arti seluas-luasnya di seluruh Tanah Air serta mempererat hubungan, memperluas wawasan, menjalin persaudaraan dan persahabatan dan meningkatkan kerja sama antara filatelis baik nasional maupun internasional.

Filateli sebagai suatu kegiatan di luar sekolah mengandung aspek pendidikan yang berdampak positif bagi pembinaan dan pengembangan generasi muda bangsa. Oleh karena itu Perkumpulan Filatelis Indonesia berkewajiban untuk memberikan peran serta membantu pemerintah dalam mensukseskan pembangunan nasional di bidang pembinaan dan pengembangan generasi muda melalui kegiatan-kegiatan filateli. Untuk memperingati berdirinya perkumpulan filatelis pertama kali di bumi Indonesia pada tanggal 29 Maret 1922 itu, maka setiap tanggal 29 Maret dijadikan Hari Filateli Indonesia.

Susunan Pengurus Pusat PFI 

Susunan Pengurus Pusat

Perkumpulan Filatelis Indonesia

Periode 2006-2011

Ketua Umum

Letjen TNI (Purn) Soeyono

Ketua Pelaksana Harian

Sukaton

Ketua I

Setyo Riyanto

Ketua II

Koes Karnadi

Ketua III

Agus Wibawanto

Sekretaris Jenderal

Rijanto

Sekretaris I

Rachmad Assaad

Sekretaris II

WB Djoko Gunarso

Bendahara

Dian Ramlan

Ur/Sie Organisasi

Kendro P Drajat

Adnan

Ur/Sie Pembinaan & Penyuluhan

Makky M Makmur

Hery Mulya Negara F.

Genta Sidharta

Ur/Sie Publikasi

Manager Komunikasi Korporat PT Pos Indonesia (Ex-Officio)

Berthold DH Sinaulan

Ur/Sie Remaja

Berthold DH Sinaulan

Gita Noviandi

Ur/Sie Pameran

Lutfie

Makky M Makmur

Ur/Sie Juri

Koes Karnadi

Ur/Sie Litbang

Didiek Djawardi

Arry Dharma

Ur/Sie Usaha & Kemitraan

Pudji Harsono

Chairul Anwar

Ur/Sie Bursa & Lelang

Avie Wijaya

Pudji Harsono

Ur/Sie Kreativitas

Tata Sugiarta

Sumedi

Komisi Filateli

  1. Koordinator dan Expert

Suwito Harsono

  1. Traditional

Ryantori

  1. Postal History

Didiek Djawardi

  1. Postal Stationerydan Aerophilately

Koes Karnadi

  1. Revenue

Agus Wibawanto

  1. Astrophilately

Mulyana Sadiun

  1. Thematic

Sudirman AP

  1. Maximaphily

Arry Dharma

  1. Literature

Berthold DH Sinaulan

  1. One Frame

Tono Dwi Putranto

  1. Open Class

Evan Yonathan

Serah terima jabatan dari Ketua Umum PP PFI masa bakti 2001-2006, Sukaton, kepada Letjen TNI (Purn) Soeyono, dilakukan di Gedung Pos Ibukota, Jakarta Pusat, Rabu (27/12) siang. Dalam acara yang dihadiri juga oleh utusan dari Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi serta PT Pos Indonesia

43 Komentar »

  1. Saya ingin menjual koleksi saya, hub saya di : ekajayasentosa@gmail.com. thanks

    Komentar oleh Prayetno Thoha | 04/02/2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s